Pages

10 ciri ciri orang sunda

Reaksi: 

Hei semua pembaca.... Sunda yang dimaksud disini adalah orang Jawa Barat, sebagai salah satu daerah dengan tingkat perekomomian tertinggi di Indonesia, Jawa Barat dengan berbagai kotanya bahwa keturunannya memiliki ciri unik yang mungkin enggak akan ditemukan disuku lain. Mau tau apa aja 10 ciri Orang Sunda? sekidot :D

1. Kulit Putih dan Punya Tekstur Muka Mirip

Syahrini dan Syahrul Gunawan

Ciri orang Sunda yang pertama adalah Memiliki wajah Putih dan memiliki tekstur wajah yang mirip. Bisa dilihat dari dua artis Sunda yang dari wajah putih mereka terlihat ada tekstur yang mirip satu sama lain. Syahrini yang kelahiran Bogor 1 Agustus 1982 dan Syahrul Gunawan kelahiran Bogor 23 Mei 1976 ini adalah asli orang Sunda yaitu Kota Bogor yang kedua orang tuanya adalah asli Sunda. 

Tak heran Daerah Sunda terkenal sekali dengan "Kembang Desa", baik pria atau wanitanya terkenal pesona wajahnya yang menarik. Itu pun yang menyebabkan para penjajah Belanda dulu menjadikan wanita pribumi sunda menjadi Istri. Tapi kalau kalian ditengah jalan nemu orang sunda yang Hitam, itu bukan salah genetik sunda hehe. Mungkin mereka memiliki campuran darah lain dari suku diluar sunda.

2. Mengganti huruf F jadi P
Artis Om Parhan juga Orang Sunda

Ini mungkin bisa dibilang sudah jadi kebiasaan, hehe.. karena banyak banget biasanya orang sunda yang biasa menukar Huruf F menjadi P, sebenernya bukan sengaja sih. Itu udah jadi kebiasaan aja kalau lagi ngomong. Contoh nih, ngomong Transfer jadi Transper haha... memang orang Sunda suka lucu kalau udah merubah kata-kata.

3. Enggak bisa lepas dari "Teh", dan "Mah"

Ilustrasi : Pak SBY dan Pak JK lagi ngomong Sunda :D

Yang ketiga ciri orang Sunda adalah tidak bisa lepas dari kata-kata imbuhan "Mah" dan "Teh". Malah saking terkenalnya, imbuhan ini pernah jadi Iklan salah satu Susu Sapi di televisi. Percakapannya seperti, "Itu apa?" "Ini teh susu", "Ini mah susu", haha sampe2 dikira dia minum Susu yang pake teh. haha kacau deh jadinya :D

4. Lemah Lembut Berbicara dan Gemulai Pastinya :D
Mojang Jajaka Jawa Barat
Kelembutan, ketimuran dan gemulai adalah ciri keempat dari orang sunda. Orang Sunda itu terkenal dengan keramahan ketika menyapa dan bergaul dengan orang disekitarnya. Selalu mengedepankan senyum, sapaan yang khas yaitu "Neng" untuk wanita dan "A" untuk Pria. Orang sunda akan baik kepada orang yang baik, dan akan baik juga kepada orang yang jahat, tetep senyum, walaupun nanti dibelakang dia sebenernya ga suka hehe.. 

Tapi hati-hati kalau orang Sunda udah marah... waaaahhh! keluar semua bahasa kasar khas Sunda yang sangat sangat cepat cara bicaranya, jauh terbaik sama aslinya. contohnya yang lembut : "Neng atos emam? hayu atuh geura emam bisi geuring" :D dan ini yang kasarnya : "Ari sia buru atuh jajablog kaditu, ehh ari maneh teh teu sien paeh lain? dikarunyaan teh :D hahaha.. sama arti tapi beda. yang Halus dan yang Kasar. Kalau dalam bahasa Indonesia artinya : "Kamu udah makan (wanita)?, ayo cepet makan nanti takut sakit.

5. Sunda Punya Kosa Kata Paling Banyak untuk berbagai tingkatan


Orang Sunda patut berbangga, karena Bahasa Sunda dan Aksara Sunda menjadi satu satunya bahasa daerah Indonesia yang pertama bisa diaplikasikan di Komputer kalian dengan lisensi UNICODE (Lisensi Bahasa Komputer Internasional). Kini kalau kalian mau menerjemahkan Bahasa Sunda ke Aksara Sunda atau sebaliknya, tinggal pake aplikasi ini. Caranya Download Fontnya dulu disini  , click Sundanese Unicode lalu file downloadnya kalian taro di C : Windows/Font. kalau udah ditaro, kamu balik lagi ke sini, baru deh kalian bisa terjemahin.

Tapi diluar dari Bahasa Sunda dan Aksaranya, bahasa Sunda kaya akan pembendaharaan kata, contoh kalau "Makan" dibahasa Indonesia aja kalau dibahasa Sunda banyak, yaitu :
"Emam" = untuk orang tua/Anak Kecil Sopan, 
"Tuang" = Untuk Sebaya Sopan, atau Lebih tua sedikit, 
"Dahar"= untuk teman sebaya Sedikit Kasar,
"Nyatu"= Bahasa Kasar, 
"Jajablok"=bahasa sangat kasar.
Dan masih banyak lagi, jadi kalau kalian mau belajar bahasa sunda harus hati-hati, jangan cuma asal denger terus diucapin, kalian harus tau kata-kata itu diucapkan untuk siapa dan sopan atau kasar. hehe memang agak ribet awalnya, lebih susah dari bahasa inggris hihihihi, tapi kalau udah lancar?? waawww enaaak :D

6. Jarang Orang Sunda Yang Merantau


Salah satu ciri orang sunda itu, "Jarang Merantau". mungkin kalian bisa hitung orang sunda yang merantau didaerah lain di Indonesia atau diluar negeri, Ada tapi sedikit. Tidak seperti suku lain yang banyak merantau kedaerah lain. Mau tau Alesannya?

Orang sunda jarang merantau keluar jawa Barat, karena Pusat Kotanya kan diJawa Barat, jadi ngapain keluar jawa Barat, Jakarta juga cuma beberapa kilometer bisa ditempuh, pendidikan, hiburan, pantai, mall, pegunungan, persawahan, perkantoran, pertokoan, grosir, kampung, kebudayaan, keagamaan, dan semua hal yang dibutuhkan ada di Jawa Barat atau sekitarnya, sehingga banyak orang Jawa Barat yang enggan Pergi keluar Jawa Barat, karena semua peluangnya ada disini. Jadi kalian enggak akan nemu orang Sunda di Papua,  kecuali Ibu kota Negara pindah kesana hehe... 

Selain itu kebanyakan orang tua dari orang Sunda juga tidak banyak yang menganjurkan anaknya untuk pergi keluar Jawa Barat. mereka terlalu sayang kepada anaknya, sehingga jarang dari orang tua yang memberi restu kepada anaknya untuk pergi keluar pulau untuk merantau. Tapi ada juga loh orang sunda yang berhasil diluar Jawa, tapi minoritas :D.

7. Sunda is Kuliner :D



Nah... ini dia ciri orang sunda yang ke tujuh, yap yaitu Kuliner. Orang Sunda terkenal dengan segala macam kuliner yang TOP MARKOTOP. Sajiannya dengan ciri Khas alami dan yang pastinya jangan dilupakan yaitu "Sambel", wah kalau orang sunda makan ga ada sambel atau pedes aja sedikit, kayaknya ga akan jadi makan walaupun seenak apapun :D. Walaupun cuma berbekal Cabe Rawit kecil itu harus ada jadi sajian makanan.

Beberapa makanan khas sunda yang harus ada adalah, Nasi Panas, Empal Daging, Sambel Goreng Terasi, Pete, Kangkung, Ikan Asin, Ayam Bakar, Tempe Tahu, Lalapan, Ikan gurame goreng, Sayurnya Sayus Asem, Sambel Kecap, dan yang terakhir adalah Teh Hangat. wah siap deh makanannya :D Eittts jangan lupa, makannya harus pake tangan hehe cuci tangan dulu sana :D 

8. Sholat Itu Nomer SATU!


Buat orang Sunda, yang penting Ibadah! Kalau buat agama Islam Sholatlah nomer satu. Biar Kaya/Miskin, Tua/Muda, Lagi ketemu Presiden atay ketemu pemulung, yang penting SHolat jangan lupa. Inilah yang selalu ditekankan atau dipesankan kepada orang tua Sunda kepada anak-anaknya, tapi pelaksanaannya kan itu tergantung pribadi masing-masing, ada yang nurut ada yang enggak hehe. Tapi yang terpenting Sholat itu dimanapun harus tetep dikerjakan, mau di pinggir danau sekalipun :D... maka dari itu slogan kota-kota di Jawa Barat semua bernuansakan Islam, seperti : Bogor Beriman, Cianjur Gerbang Marhamah, Bandung Bermartabat dll.. Hal ini dilakukan karena Sunda sangat menjaga tradisi leluhur Islam yang menjadi kebiasaan, seperti Maulud Nabi Muhammad SAW.

9. Susah Nabung

Ciri orang Sunda selanjutnya adalah "Susah Nabung", mungkin ini tidak berlaku bagi sebagian orang Sunda, tapi realita Susah nabung ini terbukti loh.. Ketika orang Sunda punya banyak uang, biasanya mereka langsung "Babandaan" artinya membeli barang. Entah barang keperluan sehari-hari, atau keperluan sekunder dan tersier. Artinya uang itu akan cepat mengalir alias langsung dipakai, jarang dari orang Sunda ketika mendapatkan uang langsung di Tabung tanpa dibelanjakan sepeserpun : D. 

Ini pun berpengaruh pada gaya orang Sunda yang sangat Gengsi dengan penampilan, jadi orang Sunda itu Gengsinya gede. Orang sunda juga sangat peduli dengan sesama, sehingga kalau punya uang dia akan bagi-bagi ke sanak saudara atau lingkungannya, sangat mulya sekali : :D

10. Orang Sunda Senang Bekerja di Kantoran.

Nah yang terakhir nih ciri orang Sunda, Orang Sunda lebih senang kerja Kantoran dari pada kerja diluar Kantor, Artinya apa? Orang Sunda lebih senang pekerjaan yang nyaman tanpa beban dan enggak ribet. Jadi jarang orang Sunda yang jadi pengusaha, banyaknya jadi Pekerja. Sebenernya kembali lagi ke Gengsi, orang Sunda punya gengsi besar antar orang Sunda, Sekolah, Pekerjaan, Rumah dan Kendaraan jadi hal yang memiliki Gengsi tinggi. Makanya jarang kan nemu orang Sunda yang jualan Baso, Punya Foto Copyan, Punya Warung Makan dll. ada sih tapi jarang hehe...

Nah itulah cerita gw tentang 10 ciri orang Sunda, ciri-ciri ini enggak mutlak semua orang Sunda, mungkin bisa juga hanya minoritas, mungkin juga minoritas. Penilaian ini hadir dari diri gw sendiri selaku orang Sunda Asli : D... tapi gw harap sih yang baik dari orang Sunda Harap Di Contoh dan di Teruskan, tapi kalau yang kurang baik Harus kita perbaiki supaya lebih baik, karena orang Sunda itu BISA! 

3 komentar:

Yoga Pratama mengatakan...

Yang ke 5 tambahin tuh "Madang" hehe :D, jangan lupa kunjungi balik ya kang, kan sesama orang sunda hehe
http://yoga-tc.blogpsot.com/

Ikhsan Ramadhan mengatakan...

mas lain kali kalau kutip tulisan yang di paste mirip semua disertakan sumbernya. Ini tulisan saya.
terima kasih

tenggo ina mengatakan...

Jadi hayang boga bojo urang sunda. Abdi geus hampir 18 tahun di europa. Keur neangan imah jeung isina. Amin. .

Amazon MP3 Clips